SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS FALETEHAN SERANG

Nama FALETEHAN diambil dari nama Fadhilah Khan yang merupakan salah seorang pahlawan perjuangan dari Demak yang menikah dengan putri asli Banten yang bernama Nyi Mas Kawunganten dan kemudian mempunyai seorang putra bernama Sebakingkin (sebutan nama waktu kecil) dan setelah beranjak dewasa dinamai Maulana Hasanudin yang merupakan sultan pertama di Banten. Nama Fadhilah khan menurut lidah orang portugis menjadi ”FALETEHAN”. Yayasan ”Faletehan” secara resmi berdiri pada tanggal 12 Rabiul Awal 1413 H atau bertepatan dengan tanggal 9 September 1992. Dan pada tanggal 20 Juli 2002 nama ”Yayasan” berubah menjadi ”Badan”. Perubahan ini mengacu pada pasal 1653 – 1665 Kitab Undang – Undang Hukum Perdata tentang Perkumpulan. Badan ini bernama ”Badan Penyelenggara Pendidikan, Pelatihan, dan Pelayanan Kesehatan Faletehan (BP4Kes Fa).

Didasari rasa tanggung jawab yang tinggi dalam ikut mensukseskan pembangunan kesehatan, peranan sumber daya manusia kesehatan memiliki posisi yang sangat penting dan strategis, karena setiap peningkatan tahapan upaya pembangunan kesehatan, maka akan meningkatkan pula kebutuhan akan berbagai jenis tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan tujuan tersebut maka para pendiri Yayasan Faletehan yang peduli akan pendidikan pada tahun 1994 berdirlah sebuah Akademi Keperawatan dengan SK Menkes No. HK.00.06.1.1.1903 yang diperpanjang dengan SK No. HK.00.06.1.1.2406 tahun 1996, SK No. HK. 00.06.1.1.2549 tahun 2000, SK No. HK.03.2.4.1.04322 tahun 2004 dan telah dilakukan akreditasi pada tahun 1999 dengan SK Kapusdiknakes Depkes RI No. HK.00.06.4.3.1694 dengan nila 81.84 (B) dan pada tahun 2004 dilakukan Akreditasi ulang dengan SK No. HK.00.06.2.2.00821 dengan nilai 84,80 (B+).

Seiring berjalannya waktu serta untuk menjawab berbagai tantangan pembangunan kesehatan yang lebih tinggi dibutuhkan tenaga kesehatan profesional yang berbasis kompetensi dan pada kebutuhan masyarakat dengan berlatar belakang Sarjana (S1). Untuk itu STIKes Faletehan Serang yang merupakan Perguruan Tinggi di bidang kesehatan pertama kali berdiri di Provinsi Banten, berusaha merespon dengan menyelenggarakan pendidikan kesehatan yang terdiri dari Sarjana (S1) Keperawatan dan Sarjana (S1) Kesehatan Masyarakat.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Faletehan ( STIKes FA ) berdiri sejak tahun 2001, Seiring berjalannya waktu serta untuk menjawb berbagai tantangan pembangunan kesehatan yang lebih tinggi dibutuhkan tenaga kesehatan profesional yang berbasis kompetensi dan pada kebutuhan masyarakat. dengan berlatar belakang sarjana (S1) untuk itu STIKes faletehan serang yang merupakan perguruan tinngi dibidang kesehatan pertama kali berdiri di provinsi banten, berusaha merespon dengan menyelenggarakan pendidikan kesehatan pendidikan kesehatan yang terdiri dari:

1.    Sarjana (S1) Keperawatan dan

2.    Sarjana (S1) Kesehatan masyarakat

Pada tanggal 27 Agustus 2005 diputuskan bahwa Akper faletehan digabungkan kedalam struktur organisasi STIKes faletehan. Dan pada tanggal 01 September 2005 tentang Pelimpahan dan Penggabungan Tugas, Tanggung jawab dan Wewenang Akper faletehan kedalam struktur organisasi yang baru STIKes faletehan.

Setelah mengkaji perkembangan, tuntutan serta kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan, maka BP4Kes telah membuka dan mengembangkan STIKes Faletehan Serang menjadi 5 (lima) Program studi:

1.    Program Studi Ilmu Keperawatan

2.    Program Studi Kesehatan Masyarakat

3.    Program Studi DIII Keperawatan

4.    Program Studi DIII Kebidanan

5.    Program Studi Profesi (Ners)

Dalam perjalanannya STIKes Faletehan berTransformasi Menjadi Universitas dengan bergabungnya ST-INTEN menjadi bagian dari Universitas Faletehan dan Pada Tanggal 09 Agustus 2019 berdasarkan SK. Dikti no. 687/KPT/I/2019 Penggabungan STIKes Faletehan Serang dengan ST-INTEN Bandung resmi menjadi Universitas Faletehan.

Universitas Faletehan yang berpusat di Kabupaten Serang dengan alamat lengkap di Jl. Palamunan No.72, Pelamunan, Kec. Kramatwatu - Kab. Serang - Prov. Banten sebagai Kampus Pusat dan Kampus Bandun yang beralamat di Jl. Parakan Resik No. 2, Batununggal, Kota Bandung.

Profil Perguruan Tinggi

Tanggal Berdiri           : 09 Agustus 2019

Nomor SK PT             : 687/KPT/I/2019

Tanggal SK PT           : 09 Agustus 2019

Alamat                         : Jl. Palamunan No.72, Pelamunan,

Kota/Kabupaten          : Kec. Kramatwatu - Kab. Serang - Prov. Banten

Email                           : info@uf.ac.id

Saat ini Universitas Faletehan mempunyai 4 Fakultas, terdiri dari :

1.    Fakultas Ilmu Kesehatan, terdiri dari Program Studi :

I.          S1 Kesehatan Masyarakat

II.       S1 Keperawatan

III.     S1 Kebidanan

IV.    D3 Kebidanan

V.      D3 Keperawatan

VI.    Pendidikan Profesi Ners

VII. Pendidikan Profesi Bidan

 

2.    Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi :

-  S1 Manajemen

3.    Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, dengan Program Studi :

-  S1 Pendidikan Bahasa Inggris

 

4.    Fakultas Sains dan Teknik, terdiri dari Program Studi :

I.          S1 Informatika            ( Kampus Serang dan Bandung )

II.       S1 Arsitektur               ( Kampus Serang dan Bandung )

III.    S1 Teknik Sipil            ( Kampus Serang dan Bandung )                                           

IV.    S1 Teknik Elektro        ( Kampus Serang dan Bandung )

V.      S1 Teknik Industri        ( Kampus Serang )

 

VISI UNIVERSITAS FALETEHAN

Menjadi perguruan tinggi Terkemuka dalam pengembangan sains dan teknologi di tingkat Global tahun 2044.

MISI UNIVERSITAS FALETEHAN

1.    Menyelenggarakan pendidikan perguruan tinggi yang berkualitas.

2.    Mengembangkan sains dan teknologi melalui penelitian dan pengabdian masyarakat yang inovatif sesuai kebutuhan masyarakat.

3.    Mengembangkan tata kelola yang berlandaskan nilai-nilai kearifan lokal untuk menumbuhkan suasana akademik yang kondusif.

4.    Mengembangkan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga, baik dalam maupun luar negeri.

TUJUAN UNIVERSITAS FALATEHAN

1.    Menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai kebutuhan masyarakat dan pemerintah.

2.    Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian masyarakat yang berdampak pada penyelesaian permasalahan kesehatan di masyarakat

3.    Terwujudnya sistem menejemen yang profesional, efektif, dan efesien

4.    Terwujudnya budaya kompetitif dan berkarakter yang mencerminkan kemampuan berkomunikasi dengan baik,kesigapan dalam menghadapi kedaruratan, dan berjiwa entrepreneur

Terwujudnya hubungan kemitraan dan kerjasama institusional yang selaras dalam lingkkup Tri Dharma, pengembangan IPTEK dan pendayagunaan lulusan


























Comments